Senin, 15 Desember 2008

PPL oh PPL

Alhamdulillah, selesai juga PPL-ku :)
yup, PPL, (entah apa kepanjangan sebenarnya tapi seperti KKN atau Kerja Praktek), yang aq tempuh di sebuah sekolah kejuruan swasta di daerah raya Darmo, berakhir per 12 Desember kemarin.

Aq ga sendiri PPL di sekolah ini, tapi bersama mba Diya dan mba Novi, temen di Widya Darma. Karena mba Diya dari jurusan yang sama denganku, kita kebagian mata pelajaran yang sama pula, that is Matematika, dan mengajarnya pun berdua.

Aq dan mba Diya diminta mengajar kelas 1 dan 2, plus bimbingan belajar untuk kelas 3 di hari sabtu jam ke-0.
Karena aq sm mba diya agak lupa materi matematika SMA, jd berbagi-lah kami..., aq yang belajar dan menyampaikan materi untuk kelas 1, sementara mba diya yang kelas 2. Jadi klo yang satu kasih materi di depan kelas, yang lain keliling diantara siswa.

Bersyukur banget dapat kesempatan untuk PPL di sini, dan bersama mba diya pula. Karena awalnya aq bener2 ga tau harus apa, harus gimana ngadepin anak2 SMA itu. Ada aja ulah mereka yang buat gregetan ^_^
Masa anak2 SMA adalah masa remaja, masa yang kompleks, di masa ini mereka ingin menunjukkan keberadaannya, eksistensinya (ngobrol disaat guru menerangkan termasuk upaya mereka untuk menunjukkan eksistensinya ^_^). Mereka juga dihadapkan pada berbagai norma : norma di keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam menunjukkan eksistensinya mereka dapat berbenturan dengan segala norma itu. Gampang-gampang susah untuk jadi guru anak SMA.

Nah, mba diya-lah yang dah ngajarin aq gimana jadi guru. Apa yang harus dilakukan atau dikatakan klo ada siswa yang ber-ulah, mba diya yang kasih contoh ^_^ Thank you berat ya mba...
Buat mba novi juga thanks berat, cuma klo aq ngikuti mba novi kayanya ga bisa dey, tidak sesuai dng karakterku, habis mba novi jadi guru yg (buat mereka) 'jahat'. Hahahaha...
yuuk... kata anak2 kelas 1, "belum apa-apa baru kenalan kok sudah jahat..."
hehehehe...

And in this page, i'd like to say : makasih banyak buat bapak kepala sekolah dengan cerita2nya yang sudah membuka mataku mengenai dunia pendidikan ini, buat bapak guru matematika, maaf pak, saya belum selesai mengajarkan materi logaritma ^_^ buat pak Gede, teman kuliah Akta IV yang telah mengijinkan kami mengajukan surat ijin PPL di sekolah ini, makasih banyak ya pak :)

but..., by the way busway..., walopun masa PPL udah selesai, aq dan mba diya masih diminta untuk ngajar bimbel, karena Bapak guru Matematika masih belum bisa mengajar di hari sabtu itu.
Sebenarnya siy sudah ada rasa sayang di hati ini buat mereka, jd pengin juga tetep kasih bimbel ke mereka, tapiiii... (dengan gayanya om dave di idola cilik), i wanna spend my time with my little hunie bunie!!! ^_~

Yach... buat mereka yang di kelas 3, smg mereka sukses di UNAS dan bisa meneruskan di PT atau segera dapat pekerjaan
buat yang di kelas 2, smg mereka akan lebih baik saat kelas 3 nanti ;)
buat yang di kelas 1, smg semangat mereka ga menguap saat kelas 2 dan kelas 3 nanti :D

Tidak ada komentar: